Ticker

6/recent/ticker-posts

LAMBANG BADAN PENGELOLA LATIHAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (BPL HMI)

 

LAMBANG

BADAN PENGELOLA LATIHAN

HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (BPL HMI)




Makna Lambang

  • Arah mata angin bermakna bahwa BPL menjaga arah perkaderan HMI sesuai landasan perkaderan dan men-support perkaderan ke segala arah Himpunan.
  • Garis putih yang melingkari hijau hitam, bulan bintang, bermakna bahwa BPL menjaga independensi etis dan independensi organisatoris sebagaimana pasal 6 AD HMI.

  • Tiga garis melingkar di tengah: tipis, agak tebal, dan tebal, bermakna jenjang perkaderan HMI Latihan Kader I, Latihan Kader II, dan Latihan Kader III. Semakin naik jenjang perkaderan, semakin tebal pula watak dan karakter HMI dalam diri individu kader HMI.

  • Integrasi tiga lingkaran di sebelah kanan bermakna integrasi iman, ilmu, dan amal. Integrasi tiga lingkaran di sebelah kiri bermakna integrasi iman, islam, dan ihsan.

  • Tulisan BADAN PENGELOLA LATIHAN di tengah bagian atas bermakna bahwa lambang ini milik BPL dan tulisan HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM di tengah bagian bawah bermakna bahwa BPL adalah bagian dan merupakan badan khusus di HMI.

  • Bentuk bulat menandakan bahwa BPL telah membulatkan tekad untuk senantiasa mengawal perkaderan di Himpunan.

  • Bulan, bintang, warna hijau, hitam, putih, keseimbangan warna hijau dan hitam, maknanya sebagaimana dalam lambang HMI.

Penggunaan Lambang

  • Lambang BPL tidak dipergunakan sebagai lambang pada bendera dan stempel
  • Lambang BPL dipergunakan pada kop surat (kiri; lambang HMI, nama BPL, kanan; lambang BPL), lencana/pin, dan atribut kegiatan-kegiatan BPL, seperti pada banner, ID Card, stempel kegiatan, dan sertifikat kegiatan.

Pencipta Lambang

 Lambang BPL ini selesai dibuat tanggal 6 Maret oleh kanda Ade Taufiq Arifin (instruktur BPL HMI Cabang Ciamis, saat ini menjabat sebagai Kabid HAL BPL HMI Cabang Ciamis), atas inisiasi Pengurus BPL HMI Cabang Ciamis, yang dimaknai secara filosofis oleh ayunda Siti Khodijah Ketua Umum BPL HMI Cabang Ciamis Periode 2016-2017) dan rakanda Haqibul Mujib (Ketua Umum BPL HMI Cabang Ciamis demisioner, periode 2014-2016).

 

Lalu diterbitkan dan disosialisasikan oleh BPL HMI Cabang Ciamis lewat berbagai medsos pada 8 Maret 2016 dan disahkan pada MUNAS Ke IV BPL HMI di Masjid Raya Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tepat pada sidang paripurna dalam Sidang Pleno III tanggal 19 Maret 2016.

Download logo BPL HMI

Posting Komentar

0 Komentar