Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa Pentingnya Sejarah Sebagai Pelajaran Wajib?


Sejarah adalah ilmu untuk menganalisa secara runut, logis dan multi dimensi kejadian - kejadian besar dalam catatan kemanusiaan yang teresonansi sampai saat ini dan akan membentuk masa depan. Yang mana belajar sejarah bukan hanya perihal menghafal nama,waktu, dan tempat.

Pentingkah belajar sejarah? Ya, sejarah menurut saya perlu dipelajari karena dengan mempelajari sejarah kita bisa mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, sehingga pada saat memperoleh suatu informasi terkait sejarah yang melenceng kita bisa membenarkannya. Terkait belajar sejarah, saya seorang mahasiswa matematika namun tidak hanya rumus-rumus yang harus saya ketahui melainkan sejarah-sejarah matematikawan pun harus saya ketahui. Selain itu, dalam penggunaan rumuspun kita tidak hanya menggunakan rumusnya saja, tapi dituntut untuk mengetahui asal mula rumus tersebut. Selain itu perubahan yang terjadi di masa lalu memengaruhi kehidupan manusia di masa kini, sehingga mempelajari sejarah memungkinkan manusia zaman sekarang mengetahui kesalahan- kesalahan manusia di masa lalu atau mengetahui kunci keberhasilan para pendahulu. Mengetahui kelemahan dan kekurangan di masa silam berguna agar manusia zaman sekarang tidak mengulangi lagi di masa sekarang dan masa yang mendatang. Manusia perlu mempelajari sejarah karena sejarah mengajarkan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Mempelajari sejarah mungkin tidak bisa menyelamatkan nyawa dan tidak juga meningkatkan perjalanan kita untuk bekerja, tetapi ada beberapa alasan mengapa mempelajari sejarah salah satunya ialah untuk mewujudkan warga negara yang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut. Apa pentingnya sejarah sebagai pelajaran wajib? Sejarah memang tak begitu dituntut untuk kita menghafal kejadian-kejadian atau nama-nama tokoh. Namun  kita hanya perlu tahu dan hanya perlu mempelajari agar tidak ada kekeliruan. Kenapa dijadikan pelajaran yang wajib? Jika diperkirakan dengan logika, misalkan seperti ini, Kita sebagai warga Indonesia tetapi kita tidak mengetahui sejarah indonesia merdeka dan lain sebagainya, apa yang akan terjadi? Bagaimana jika ada yang menanyakan hal tersebut? Apa yang akan kita sampaikan jika kita belum mempelajari sejarahnya? Contoh lagi seperti misalkan sejarah PKI di hilangkan, bisa jadi nanti dimasa depan para penerus akan membuat PKI-PKI selanjutnya.  Disinilah poin penting kenapa sejarah dijadikan pelajaran yang wajib. 

Ditulis oleh:

Amanatul Khomisah

Kader HMI Unnes Cabang Semarang

Prodi Matematika Universitas Negeri Semarang

Posting Komentar

0 Komentar