Ticker

6/recent/ticker-posts

HMI Komisariat FITK Gelar Bincang Online Bersama Ketua AFMI

 

Foto: Pixabay.com

HMITIMES.COM, Semarang – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Pemuda (PTKP) HMI Komisariat FITK UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kajian keislaman online.

Kajian ini berlangsung mulai pukul 16.00 hingga 17.20 WIB dengan menggunakan media google meet. Adapun tema yang diangkat yaitu “Bulan Rajab dalam Kacamata Ilmu Falak dan Keutamaan-Keutamaannya.”

Ketua Asosiasi Falak Mahassiwa Islam Periode 2018/2019 Kodrat Alamsyah selaku pemateri mengungkapkan bahwa bulan Rajab merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan. Dalam memaknai bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah-ibadah seperti puasa, salat, dan lain sebagainya.

“Bulan Rajab ini adalah bulan yang mulia. Maka harus diisi oleh kegiatan-kegiatan yang mulia pula, seperti puasa dan memperbanyak salat sunah,” jelasnya.

Kanda Kodrat Alamsyah (Pemateri)/By: Yulia
Ia juga mengingatkan bahwa dalam rangka menyambut bulan Ramadan mendatang, maka bulan Rajab harus digunakan sebagi ajang latihan.

Laki-laki yang juga menjabat sebagai ketua umum Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Semarang ini menjelaskan ada tiga peristiwa penting di dalam bulan Rajab. Hal ini ia ketahui lebih jauh saat mendalami ilmu falak.

“Mempelajari ilmu falak ini sangat penting. Sehingga dalam mengkaji bulan Rajab ini berdasarkan kaca mata ilmu falak maka dapat diketahui bahwa di bulan Rajab terjadi tiga peristiwa penting yang tidak banyak diketahui oleh umat manusia, khususnya umat Islam. Ketiga peristiwa penting itu yaitu di dalam bulan Rajab terjadi perubahan arah kiblat, perintah mendirikan salat dan peristiwa Isra’Mihraj,” ungkapnya.

Di dalam diskusi tersebut ia juga mengutarakan agar pemerintahah Indonesia dalam menentukan menetukan awal Ramadan maupun satu Syawal agar menggunakan alat dan juga metode yang lebih praktis sehingga meminimalisir waktu yang berkepanjangan dalam menunggu hasil putusan sidang isbat seperti yang di lakukan oleh pemerintah saat ini.

Posting Komentar

1 Komentar